nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 648 sampel bahan pangan pertanian, peternakan dan perikanan yang dijual di 10 pasar tradisional dan modern di Jakarta Barat, sudah diperiksa Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) dan dipastikan bebas zat berbahaya.

"Semua bahan pangan yang dijual aman tidak mengandung pestisida, chlorine dan formalin sehingga layak untuk dikonsumsi warga," ujarnya

Ia menambahkan, hingga akhir 2018 nanti pihaknya menargetkan melakukan pengujian sampel makanan di 150 pasar tradisional dan modern yang tersebar di delapan kecamatan se Jakarta Barat.

"Total bahan pangan yang diuji sebanyak 8.670 sampel," tuturnya.

Selain itu, jelas Marsawitri, pihaknya juga sudah mempersiapkan tim khusus yang akan diterjunkan ke lapangan saat memasuki Ramadhan nanti. Selain menguji sampel produk makanan, tim ini juga akan memantau pergerakan harga kebutuhan pokok di pasar.

"Jangan sampai kami kecolongan. Kemudian alur pendistribusian kebutuhan pokok itu kami kontrol. Tujuannya agar tidak terjadi penimbunan, yang dapat berefek tingkatan harga pangan tersebut," pungkasnya. (pr/kj/al)